Jumat, 17 Juli 2015

mengembangkan rencana bisnis



MENGEMBANGKAN RENCANA BISNIS
Rencana bisnis merupakan suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk di dalamnya deskripsi bisnis yang akan di geluti, jenis pelanggan yang ingin kita targetkan, persaingan antar perusahaan yang memproduksi barang sejenis, dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi.
Rencana bisnis mengutarakan bagaimana ide bisnis akan memanfaatkan karyawan, pemasok dan kreditor dan bagaimana ia akan memuaskan pelanggan dan pemilik bisnis.
Oleh karena itu, ide bisnis melibatkan pengelolaan sumber dana, ide pemasaran, ide pendanaan. Rencana bisnis yang lengkap biasanya termasuk penaksiran lingkungan bisnis, rencana manajemen, rencana pemasaran, dan rencana keuangan.
Memperkirakan Lingkungan Bisnis
  • Lingkungan Ekonomi
Lingkungan ekonomi diperkirakan untuk menentukan bagaimana permintaan untuk produk mungkin berubah dalam memberikan reaksi kepada kondisi ekonomi yang akan datang. Permintaan sutau produk dapat menjadi sangat sensitif tergantung kekuatan ekonomi.
  • Lingkungan Industri
    Lingkungan industri diperkirakan untuk menentukan tingkat persaingan antara produsen yang lainnya sehingga kita harus bisa menciptakan produk yang lebih inovatif agar bisa di terima oleh konsumen.
  • Lingkungan Global
Lingkungan global diperkirakan untuk menentukan bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi terhadap kondisi global yang akan datang.
Rencana Manajemen
  • Struktur Organisasi
Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh perusahaan. Bagaimana pengaturan berapa – berapa yang dibutuhkan untuk produksi barang. Karena apabila terlalu banyak karyawan ataupun terlalu sedikit karyawan itu tidak baik untuk perusahaan.
  • Produksi
    bermacam keputusan harus dibuat mengenai proses produksi, misalnya lokasi dari fasilitas produksi dan rancangan serta tata letak fasilitas tersebut.
  • Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia adalah hal yang sangat kritis untuk berhasilnya suatu perusahaan. Suatu bisnis harus merancang lingkungan kerja yang akan memotivasi karyawan sehingga menolong keberhasilan bisnis.
Rencana Pemasaran
  • Target Pasar
Profil pelanggan atau karakteristik pelanggan khusus harus diidentifikasi. Ini menolong dalam menentukan target pasar, yang terdiri dari pelanggan yang pantas untuk profil pelanggan. Untuk itu kita harus bisa melakukan segmentasi pasar atau pengelompokan – pengelompokan konsumen, bisa dikelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan letak geografis dan lain sebagainya.
  • Karakteristik Produk
karakteristik produk harus digambarkan, menekankan pada keunggulan kompetitif produk dari produk sejenis yang ditawarkan pesaing. Untuk itu diperlukan kreatifitas dari kita untuk menciptakan produk yang berbeda, agar barang kita tidak di anggap sebagai barang duplikat dari produsen lain.
  • Penentuan Harga
Penawaran harga yang diusulkan dari produk harus diumumkan, begitu pula harga yang ditawarkan pesaing. Untuk itu kita juga harus mempertimbangkan dari segi bahan baku, biaya – biaya sampai produk itu jadi, sebagai penentuan harga atas produk kita.
  • Distribusi
Cara mendistribusikan produk kepada pelanggan harus diterangkan. Misalkan distribusi langsung, yaitu distribusi yang di lakukan langsung oleh produsen ke konsumen. Atau juga bisa menggunakan metode distribusi tidak langsung, yaitu sistem pendistribusian barang menggunakan pihak ke 3 ( distributor ). Yang tentunya sudah terikat kontrak terlebih dahulu.
  • Promosi
Cara produk dipromosikan juga harus dijelaskan. Strategi promosi harus konsisten dengan profil pelanggan. Bisa dengan promosi langsung seperti SPG yang mempraktekkan produknya di depan konsumennya. Atau juga bisa dengan mempromosikan lewat peragaan oleh model yang menawarkan produk kita di stasiun – stasiun tv.
Rencana Keuangan
Rencana keuangan harus menjelaskan mengapa bisnis ini layak dan harus juga menunjukkan bagaimana bisnis ini akan didanai.
  • Kelayakan Bisnis
Keuntungan dan biaya bisnis harus diestimasi, untuk menentukan kelayakan bisnis tersebut. Bisnis  harus dinilai layak oleh pemilik dan kreditor yang akan mendanai bisnis tersebut.
Perkiraan keuntungan dan biaya dapat dipakai untuk memprediksi keuntungan periodik. Keuntungan ini bisa dievaluasi untuk menentukan apakah mereka dapat memberikan keuntungan yang layak kepada pemilik. Sebagai tambahan, risiko bisnis harus diperkirakan dengan mengukur ketidakpastian laba yang akan datang.
  • Pendanaan Bisnis
Sebagian besar bisnis memerlukan dana yang besar untuk membeli mesin, peralatan, dan mungkin gedung juga. Biasanya pemilik memakai uang sendiri untuk mendanai bisnisnya. Apabila mereka memutuskan meminta dana dari institusi keuangan, mereka perlu menunjukkan rencana bisnis yang rinci. Sehingga institusi dapat menilai apakah bisnis yang diusulkan layak dapat pinjaman. Selain itu perusahaan bisa menerbitkan saham kepada masyarakat sebagai alternatif sumber dana.
Ringkasan Rencana Bisnis
  1. Deskripsi Usulan Bisnis : Menjelaskan mengenai produk yang ditawarkan oleh bisnis yang diusulkan.
  2. Perkiraan atas Lingkungnan Bisnis
  • Lingkungan Ekonomi: Menjelaskan kondisi ekonomi yang berlangsung, dan risiko maupun manfaat yang dihadapi perusahaan terhadap kondisi tersebut.
  • Lingkungan Industri: Menjelaskan pertanyaan dalam industridan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam indutri.
  • Lingkungan Global: Menjelaskan kondisi global yang berlangsung yang terkait dengan bisnis tersebut, seperti pasar asing di mana mungkin produk bisnis tersebut dapat dijual dikemudian hari.
  • Struktur Organisasi: Menjelaskan mengenai struktur organisasi yang menggambarkan hubungan antar-posisi para karyawan. Struktur ini juga harus memberikan identifikasi tanggung jawab setiap posisi dalam mengatur posisi yang lain dan menjelaskan tugas spesifik dan gaji para manajer dan karyawan lain.
  • Proses Produksi: Penjelasan mengenai proses produksi, termasuk lokasi, desain dan tata letak dari fasilitas yang diperlukan untuk menciptakan produk rancangan, juga menjelaskan mengenai rencana jumlah produksi per bulan atau per tahun.
  • Mengelola Karyawan: Menjelaskan mengenai lingkungan kerja yang digunakan untuk memotivasi karyawan dan rencana pelatihan, evaluasi, dan pemberian kompensasi kepada karyawan.
    • Kelayakan Bisnis: Memperkirakan mengenai penghasilan, pengeluaran,dan keuntungan dari bisnis yang diusulkan untuk lima tahun  yang akan datang. Harus diperhatikan bahwa estimasi penghasilan, pengeluaran dan keuntungan yang diusulkan mungkin berubah dengan berbagai kemungkinan kondisi ekonomi atau industri.
    • Dana yang Diperlukan: Memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis dan mendukung operasionalnya selama lima tahun.
  1. Rencana Manajemen
  1. Rencana Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar